PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN E-LKPD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 24 MEDAN

Sianturi, Teddy Soemantry and Firdaus, Muliawan (2023) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN E-LKPD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 24 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan e-LKPD sebagai bantuan dalam proses
pembelajaran. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VIII berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 tindakan, dimana setiap tindakan terdiri dari 2 pertemuan dalam pembelajaran dan 1 pertemuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa serta mengukur respon siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan. Hasil penelitian memperlihatkan kemampuan berpikir kritis meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran model contextual teaching and learning (CTL) berbantuan e-LKPD. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis yang bisa diamati dari data rata-rata peserta didik sebelum diberikan tindakan, yaitu sebesar 42,39 yang dikategorikan sangat rendah, dengan ketuntasan klasikal mencapai 0%. Namun, setelah diberikan tindakan pertama, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 66,25 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada tindakan kedua, terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai rata-rata 85 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,67%. Sesuai dengan hasil penelitian, bisa disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan e-LKPD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Sia p
Keywords: Model pembelajaran; Contextual teaching and learning; e-LKPD; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2024 09:19
Last Modified: 05 Jul 2024 10:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58567

Actions (login required)

View Item
View Item