PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Hernawan, Siti Marwa and Sitompul, Pardomuan (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan dengan kategori eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design yang merupakan bentuk desain dengan melibatkan dua kelompok kelas. Populasi penelitian in adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 8 kelas. Terdapat 60 subyek dari kelas VIII pada penelitian ini yang diperoleh dengan teknik random sampling, dengan sampel kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa lainnya untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes berbentuk uraian. Berdasarkan data hasil posttest, nilai rata-rata pada kelas eksperime sebesar 82,98
dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 77,15. Hasil uji statistik membuktikan data berdistribusi normal dan homogen sehingga dapat diberlakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa thitung = 4,083 dan ttabel = 2,0017 yang artinya thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, rata-rata kemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan siswa kelas kontrol. Hal ini berarti, terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pendekatan kontekstual; Representasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2024 09:11
Last Modified: 19 Jun 2024 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58565

Actions (login required)

View Item
View Item