PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS RME BERBANTUAN SOFTWARE ISPRING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Aritonang, Rupina and Syahputra, Edi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS RME BERBANTUAN SOFTWARE ISPRING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis RME berbantuan software iSpring dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa SMP Swasta St. Thomas 3 Medan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Luther yang telah dimodifikasi oleh Sutopodan dan terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) concept,(2) Design, (3) Material Collecting, (4) Assembly, (5) Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran matematika yang dikembangkan sebesar 81,6% oleh ahli materi dengan kategori valid dan sebesar 88% oleh ahli media dengan kategori valid. Serta memperoleh persentase kepraktisan sebesar 89% oleh guru dengan kategori baik. Ketercapaian tujuan pembelajaran ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melaksanakan pretest dan postets memperoleh skor N-gain 0,71 dengan kategori tinggi, dan respon siswa dalam menerima media pembelajaran memperoleh persentase rata-rata 80,4% dengan kategori sangat kuat sehingga mampu memfasilitasi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa sehingga media pembelajaran dikatakan efektif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Media pembelajaran; Realistic mathematic education; Software iSpring; Pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:51
Last Modified: 19 Jun 2024 08:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58563

Actions (login required)

View Item
View Item