Marince and Samosir, Katrina (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
Fulltext.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk video animasi untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan model R&D. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas X MIA 7 di SMA Negeri 11 Medan. Hasil dari analisis penelitian ini, diperoleh: (1)
video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validasi ahli materi 91,2% dan validasi ahli media yaitu 89,7%, (2) video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis karena hasil angket respon ahli materi 90,2%, ahli media sebesar 90,2%, respon guru 93,2% dan skor rata-rata peserta didik 84,7%, (3) video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan respon apresiasi siswa terhadap video animasi sebesar 91,4% dan hasil tingkatan minat belajar 45,7% menjadi 85,0%, (4) peningkatan minat belajar peserta didik dimana kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan video animasi (pretest) dalam kriteria rendah dengan rata-rata 137,75% (persentase
45,7%) dan meningkat setelah menggunakan video animasi (posttest) dengan rata-rata 254,75 (85,0%) dan perhitungan rumus N-Gain menghasilkan peningkatan sebesar 0,70.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Mar p |
Keywords: | Video animasi; Minat belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 07:37 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58554 |