PENERAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI DI SMAN 1 KEJURUAN MUDA

Rusydah, Hanifah and Samosir, Katrina (2023) PENERAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI DI SMAN 1 KEJURUAN MUDA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eksplorasi ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis anggota didik melaui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada soal integral taktentu. Subjek pada eksplorasi ini adalah enggota didik kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kejuruan Muda berjumlah 36 anggota didik. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan tes. Peneliti menggunakan jenis eksplorasi penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus
dimana masing-masing siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Sebelum diberi tindakan, anggota didik diberi tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis dan di akhir siklus anggota diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Secara klasikal, 4 siswa (11,11%) berhasil memecahkan masalah pada tes awal, 9 siswa (25%) berhasil memecahkan masalah pada tes I dan 36 siswa (100%) berhasil memecahkan masalah pada tes II. Ditinjau dari hasil eksplorasi, penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis anggota didik kelas XI di SMAN 1 Kejuruan Muda.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Rus p
Keywords: Integral taktentu; Missouri mathematics project; Pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:21
Last Modified: 19 Jun 2024 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58551

Actions (login required)

View Item
View Item