PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Silalahi, Santi Karla and Simanjorang, Mangaratua M. (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maksud melakukan riset ini agar tahu dampak dari penggunaan penghubung pembelajaran Articulate Storyline 3 tentang kemahiran representasi matematis anak didik SMP. Pengkajian ini memanfaatkan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode Quasi Experiment Design.Adapun sampel dalam penelitian ini berbilang 30 anak didik kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan 30 anak didik kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dengan memanfaatkan teknik simple random sampling pada tahun 2022/2023. Pertanyaan-pertanyaan dari pretest dan posttest dimanfaatkan untuk memperoleh data penelitian. Uji kesamaan rerata (uji-t) dimanfaatkan untuk menilai hasil tes. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa (1) pada uji t-test diperoleh ����� (3,199) > ������ (2,002) oleh sebabnya �� ditolak serta �� diterima yang mengartikan bahwa terkandung pengaruh yang bermakna dengan diberlakukannya pembelajaran memanfaatkan media Articulate Storyline 3 terhadap kemahiran representasi matematis anak didik SMP, (2) pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media Articulate Storyline 3 pada materi penyajian data dapat menaikkan kemahiran representasi matematis anak didik.Rumus N-Gain diaplikasikan bagi menentukan besar peningkatan pada suatu penelitian dan hasil N-Gain pada penelitian ini adalah berbilang 0,63. Inilah yang memperlihatkan hingga besar N-Gain tersebut masuk ke dalam kedudukan sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Media Pembelajaran Articulate Storyline 3, Pembelajaran Langsung, Kemampuan Representasi Matematis, Penyajian Data, SMP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2024 05:15
Last Modified: 27 Jun 2024 16:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58544

Actions (login required)

View Item
View Item