PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK

Simbolon, Enikristina and Surya, Edy (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya pergeseran peningkatan kualitas pendidikan sehingga menyebabkan rendahnya pencapaian serta ketertinggalan pembelajaran peserta didik khususnya pelajaran matematika yang belum optimal, menyebabkan kemampuan untuk berpikir kritis masih belum berkembang secara signifikan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam pembelajaran matematika berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK). Jenis penelitian eksperimen Quasy digunakan; kelompok kontrol pretest-posttest dirancang; dan observasi, tes, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data. Dampak penelitian ini terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis sebesar 44,5% untuk siswa yang menggunakan model PB); peningkatan ini signifikan daripada peningkatan 31,1% untuk siswa di kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Kemudian, dari perhitungan pengujian hipotesis didapat ������ = 3,554 dan ������ = 2,000, maka diperoleh ������ > ������ (3,554 > 2,000). Setelah itu, �� ditolak dan �� diterima. Jadi, pembelajaran berbasis masalah (PBL) berdampak pada kemahiran berpikir kritis matematis siswa SMK.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Sim p
Keywords: Problem based learning; Berpikir kritis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2024 09:26
Last Modified: 14 Jun 2024 09:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58526

Actions (login required)

View Item
View Item