UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS VII

Hafizzah, Dilla and Mukhtar (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS VII. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pemahaman konsep matematika yang rendah di kelas VII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan akibat model pembelajaran yang kurang efektif dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan dukungan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Raka Joni, melibatkan 30 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan video pembelajaran berhasil meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Sebelum intervensi, rata-rata nilai siswa adalah 47,97 dengan persentase klasikal 23,33%. Setelah siklus pertama, nilai meningkat menjadi 73,43 dengan persentase klasikal 63,33%. Pada siklus kedua, pemahaman siswa semakin meningkat dengan nilai rata-rata mencapai 89,68 dan persentase klasikal mencapai 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Haf u
Keywords: Pemahaman konsep matematika; Problem based learning; Video pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:54
Last Modified: 14 Jun 2024 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58519

Actions (login required)

View Item
View Item