PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA

Safitri, Dhiena and Jannah, Fathul and Imaniyanti, Nur (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 99.pdf] Text
99.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertanyaan penelitian yang dibuat adalah: (1) Seberapa besar dampak kerangka pembelajaran Missouri Mathematics Project atas penyelesaian persoalan matematika? (2) Berapa persentase dampak kerangka pembelajaran MMP terhadap pemecahan masalah matematis siswa? Penyelidikan ini bertujuan untuk: (1) Menentukan apakah dan bagaimana paradigma pembelajaran Missouri Mathematics Project mempengaruhi pemecahan masalah matematika siswa. (2) Untuk menentukan bagaimana Proyek Matematika Missouri telah
membantu penyelesaian masalah matematika di kalangan siswa. Eksperimen ini bersifat kuasi-kuantitatif. Kelompok
eksperimen menggunakan kerangka pembelajaran Missouri Mathematics Project, sedangkan kelompok kontrol
menggunakan pendekatan tradisional. Desain One-Group Pretest-Posttest digunakan untuk investigasi. Kelompok
Penelitian berjumlah 30 siswa VIII-C dan kelompok control 30 siswa VIII-B. Penelitian ini melibatkan 60 siswa kelas
delapan. Evaluasi pretest dan posttest digunakan untuk mengumpulkan data. Normalitas, homogenitas, dan uji
hipotesis merupakan prasyarat analisis data yang umum. Selain itu, penelitian menguji hipotesis. Karena thitung =
3,483 > ttabel = 1,832 maka Ha dinayatakan berhasil sedangkan Ho tidak berhasil. Di sini paradigma MMP
mempengaruhi kesanggupan menyelesaiakan persoalan aritmatika peserta didik tingkatan VIII sebanyak 51,86 persen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Missouri Mathematics Project; Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:10
Last Modified: 14 Jun 2024 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58513

Actions (login required)

View Item
View Item