PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA

Murtadha, Mhd. Ricky and Islami, Aica Wira (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 97.pdf] Text
97.pdf

Download (2MB)

Abstract

Topik utama penelitian ini adalah apakah paradigma pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat membantu siswa sekolah menengah di Sekolah Swasta Amir Hamzah memahami konsep konsep sulit secara lebih menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik
pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) efektif dalam menumbuhkan pemahaman konsep yang lebih mendalam pada siswa sekolah menengah di Sekolah Swasta Amir Hamzah.
Instrumen yang digunakan berupa tes esai dengan 5 soal dan lembar observasi. Sampel kelas eksperimen terdiri dari 24 siswa Kelas VIII-A dari total 60 siswa Kelas VIII SMP Amir Hamzah. Apakah paradigma pembelajaran Search, solve, create, and share akan membantu siswa kelas VIII-A SMP Swasta Amir Hamzah dalam pemahaman konsep matematika merupakan isu utama yang dibahas. Peningkatan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan keberhasilan. Pada siklus I rata-rata siswa memperoleh nilai 59,79 pada skala 1 sampai 10, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 81,04. Rata-rata pemahaman konsep siswa berada pada tingkat sangat baik (4,05 dari 5,00), meningkat dari tingkat baik (3,00).

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Mencari Pemecahan Produksi dan Distribusi; Kemampuan Pemahaman Konsep; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:02
Last Modified: 14 Jun 2024 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58511

Actions (login required)

View Item
View Item