Tarigan, Indah Veronika Susanti and -, Mukhtar (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES BERBANTUAN E-MODUL DI KELAS XI IPA SMAN 11 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
![[thumbnail of 96.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
96.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian 35 orang siswa kelas XI IPA-4 SMAN 11 Medan. Objek penelitian ialah meneliti dapat atau tidaknya penerapan model pembelajaran CUPs berbantuan e-modul pada kelas XI IPA-4 SMAN 11 Medan tahun ajaran 2023/2024 meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, pada siklus I berdasarkan analisis pada data
menunjukkan siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan belajar ialah 22 siswa (62,85%) sedangkan 13 siswa (37,14%) belum memenuhi kriteria keberhasilan belajar. Siklus I menghasilkan nilai tengah kelas 78,66. Selanjutnya, di Siklus yang ke II terjadi peningkatan yakni total siswa mencapai kriteria keberhasilan belajar menjadi 31 siswa (88,57%) atau kategori tinggi, meskipun 4 siswa (11,49%) masih belum memenuhi kriteria keberhasilan belajar dan nilai tengah kelas 86,38. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan e-modul pada materi trigonometri meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa kelas XI IPA-4 SMAN 11 Medan tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Keywords: | kemampuan pemahaman konsep matematika; Conceptual Understanding Procedures (CUPs); e-modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 07:59 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58510 |