UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP YPMA MEDAN

Suryani, Irma Dwi and -, Mukhtar (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP YPMA MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 95.pdf] Text
95.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP YPMA Medan pada tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban pada tes
kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas tersebut. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas VIII SMP YPMA Medan. Pengumpulan data melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa 21 siswa dari 36 siswa (58,33%) telah mencapai kriteria kemampuan komunikasi matematis dengan rata-rata 62,73. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai kriteria tersebut meningkat menjadi 31 siswa dari 36 siswa (86,11%) dengan rata-rata 75,87. Persentase siswa yang mencapai kriteria pada siklus II yang lebih besar dibandingkan dengan siklus I, serta rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II yang lebih besar dibandingkan dengan siklus I, digunakan untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa model Problem Based-Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP YPMA Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Problem Based Learning; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:56
Last Modified: 14 Jun 2024 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58509

Actions (login required)

View Item
View Item