PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP N 35 MEDAN

Dalimunthe, Yulan Sari and Sitompul, Pardomuan (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP N 35 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk melihat apakah diperoleh pengaruh yang penting model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra mengenai ketangkasan hubungan matematis siswa SMP N 35 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu serta rancangan two group pre test – post test. Komunitas yang digunakan dalam penyelidikan ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 35 Medan. Kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra, sedangkan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional. Berlandaskan hasil olahan data yang telah dilaksanakan, pada umumnya nilai pre test kelas eksperimen diperoleh 54,64 dan
nilai pada umumnya pre test kelas kontrol 50,52. Nilai rata-rata post test kelas eksperimen didapat 67,5 dan nilai post test kelas kontrol diperoleh 60. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan dk = 62 dan � = 0,05 diperoleh nilai uji t post test thitung 2,372 > ttabel 1,669, sehinggga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP N 35 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Dal p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Geogebra; Koneksi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:30
Last Modified: 14 Jun 2024 07:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58505

Actions (login required)

View Item
View Item