ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP DITINJAU DARI KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Damanik, Yana Tasya and Simanullang, Michael C (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP DITINJAU DARI KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP ditinjau dari kepribadian ekstrovert dan introvert yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Tahapan analisis data kualitatif dalam penelitian ini terdiri dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa ekstrovert dan 5 orang siswa introvert, yang diperoleh dengan teknik puporsive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepribadian siswa ekstrovert dan introvert, tes kemampuan berpikir kreatif, lembar pedoman wawancara, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa introvert lebih baik dibandingkan dengan siswa ekstrovert pada indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa terletak pada banyak jawaban dan proses peyelesaian yang mereka berikan. Siswa introvert mampu menghasilkan lebih dari satu penyelesaian, dengan cara yang bervariasi, dengan caranya sendiri, dan dengan tahapan penyelesaian yang terstruktur dan terperinci. Sedangkan siswa ekstrovert hanya memberikan sebuah jawaban untuk setiap masalah, sehingga cara yang diberikan masih
belum bervariasi, dan jawaban yang diberikan masih umum sama seperti jawaban temannya yang lain.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Dam a
Keywords: Berpikir kreatif; Kepribadian; Ekstrovert; Introvert; Pembelajaran berdasarkan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:23
Last Modified: 14 Jun 2024 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58504

Actions (login required)

View Item
View Item