PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PANCUR BATU

Ginting, Sri Windi and Sihombing, Wingston L (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PANCUR BATU. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada kemampuan komunikasi matematis di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu (2) mengetahui besar pengaruh model TSTS pada kemampuan komunikasi matematis di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model TSTS serta kelas VIII-7 sebagai kelas kendali diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ialah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas serta uji homogenitas. Sesuai dengan hasil analisis data didapat rata-rata nilai kelas
eksperimen yaitu 81,09 serta kelas kontrol 71,06. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai �ℎ����� 3,840 > ������ 1,9989 dengan tingkat Sig. 2-tailed 0,00 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian �� diterima, yang berarti terdapat pengaruh model TSTS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan hasil uji effect size diperoleh besar pengaruh model TSTS sebesar 82% pada kemampuan komunikasi matematis di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Gin p
Keywords: Komunikasi matematis; Two stay two stray; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:56
Last Modified: 14 Jun 2024 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58501

Actions (login required)

View Item
View Item