PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Radani, Tharisya Annida and Napitupulu, E. Elvis (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 93.pdf] Text
93.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mencari tau apakah dengan diterapkannya model pemelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe T.A 2022/2023 yang sebanyak 32 siswa merupakan subjek penelitian ini. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pemelajaran discovery learning pada materi peluang merupakan objek penelitian ini. Tes dan observasi salah satu instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diberikan tes kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa diakhir setiap siklus. Berlandaskan analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terdapat peningkatan dari 70,57 di siklus pertama menjadi 82,6 di siklus kedua, dengan persentase ketuntasan klasikal 56,25% di siklus pertama menjadi 87,5% di siklus kedua. Hasil pengamatan kemampuan
guru dalam mengolah pemelajara meningkat dari 2,53 di siklus pertama menjadi 3,4 di siklu s kedua. Berlandaskan penjelasa-penjelasan di atas disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pemelajaran discovery learning pada materi peluang di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Discovery Learning; Pemahaman Konsep; Peluang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 05:01
Last Modified: 14 Jun 2024 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58500

Actions (login required)

View Item
View Item