PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Siregar, Evi Yanti P. and Siregar, Nurhasanah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 91.pdf] Text
91.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini agar mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan memakai model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan memakai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas VIII SMP Negeri 3 Harian TA 2022/2023. Penelitian ini memakai metode quasi ekperimen. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan memakai model pembelajaran kooperati tipe TPS serta kelas kendali diberikan perlakuan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sebelum
peneliti menguji hipotesis penelitian, sebelumnya dilakukan pengujian normalitas dengan uji chi kuadrat serta uji homogenitas tes memakai uji F. Berdasarkan uji yang telah dilaksanakan, maka didapatkan data dari dua sampel itu distribusinya normal serta homogen. Perolehan nilai rata-rata skor tes akhir siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 83,36 sedangkan pada kelas kendali sebesar 80,23.
Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis memakai uji t, didapat yang artinya ada dampak yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share; Statistika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:50
Last Modified: 14 Jun 2024 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58497

Actions (login required)

View Item
View Item