PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN WOLFRAM ALPHA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN

Luthfita, Majdah and Haris, Denny (2023) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN WOLFRAM ALPHA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 90.pdf] Text
90.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan dalam memahami konsep matematika masih berada pada tingkat yang rendah. Untuk mencapai pemahaman konsep yang baik, penting untuk memberikan fokus perbaikan pada penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu solusi yaitu menerapkan pendekatan matematika realistik dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Wolfram Alpha lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t (independent sample t-test), dengan ∝= 0,05 dan �� = �H + �H − 2 = 60. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai �ℎ����� (3,5) > ������ (1,617) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantuan Wolfram Alpha dan lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Pendekatan Matematika Realistik; Wolfram Alpha; Eksperimen Semu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:47
Last Modified: 14 Jun 2024 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58496

Actions (login required)

View Item
View Item