ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DITINJAU DARI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 MEDAN

Siagian, Nadya Isti Amima and Rajagukguk, Waminton (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DITINJAU DARI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 89.pdf] Text
89.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam memecahkan masalah dengan pendekatan open ended ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian
dilakukan di Kelas VII-6 SMP Negeri 16 Medan dengan jumlah siswa secara keseluruhan 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan konsep matematis, angket gaya belajar siswa dan wawancara subjek terpilih sebanyak sembilan orang yang merupakan tiga siswa yang mewakili masing-masing gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ketuntasan klasikal tes hasil pembelajaran yaitu 87,5%. 2) Hasil penskoran gaya belajar visual berjumlah 11 siswa (34,4%), gaya belajar auditorial berjumlah 13 siswa (40,6%), kemudian 8 siswa atau (25%) gaya belajar kinestetik. 3) Hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa secara keseluruhan adalah berada pada tingkat tinggi dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis tertinggi adalah mampu menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis terendah adalah menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis (gambar). Analisis pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari gaya belajar auditorial memiliki kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan gaya belajar visual dan kinestetik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Konsep Matematis; Pendekatan Open Ended; Gaya Belajar VAK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:43
Last Modified: 14 Jun 2024 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58495

Actions (login required)

View Item
View Item