EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID – 19 (STUDY KASUS BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 35 MEDAN)

-, Ulinsyah and Gultom, Syawal EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID – 19 (STUDY KASUS BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 35 MEDAN). In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 86.pdf] Text
86.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk melihat keefektivan pembelajaran menggunakan media online selama covid – 19 terhadap minat belajar siswa, respon siswa dan hasil tes kognitif siswa. Jenis penelitian metode deskriptive pendekatan kuantitatif. Yang menjadi subjek adalah siswa kelas IX.7 berjumlah 30 orang. Sedangkan objeknya ialah efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online dimasa pandemi covid – 19. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa dan angket minat belajar siswa dan tes kognitif siswa. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) efektivitas pembelajaran daring terhadap respon siswa berdasarkan hasil angket memperoleh respon positif hanya sebanyak 11 orang (36%)
dengan kategori tidak efektif, 2) efektivitas pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa berdasarkan hasil angket memperoleh respon positif sebanyak 12 orang (40%) dengan kategori tidak efektif, dan 3) efektivitas pembelajaran daring terhadap tes kognitif belajar siswa berdasarkan hasil tes kognitif siswa hanya sebanyak 13 siswa dari 30 siswa yang mendapatkan nilai tuntas (melewati KKM) dengan kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid – 19 dapat dikatakan tidak efektif jika dilihat dari minat belajar siswa, respon siswa terhadap pembelajaran daring dan hasil tes kognitif yang telah diberikan kepada siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Pembelajaran Daring; Minat Belajar Siswa; Respon Siswa; Tes Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:33
Last Modified: 14 Jun 2024 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58492

Actions (login required)

View Item
View Item