PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X

Tambunan, Mayana Angelita and Manurung, Nurliani (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 85.pdf] Text
85.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari pada riset ini adalah mendapatkan bahan ajar matematika berbasis masalah yang sah, fungsional dan menarik untuk melatih kemampuan siswa SMA kelas X dalam komunikasi matematik. Alat instrumen yang digunakan adalah lembar validasi bashan ajar matematika, soal tes kemampuan
komunikasi matematik dan lembar validasi untuk alat instrumen soal tes. Penjelasan temuan penelitian, yaitu: (1) Bahan ajar matematika yang dibuat berada dalam kategori sangat valid setelah memenuhi persyaratan kevalidan dari validator ahli media dengan rata-rata 4,6 dan validator ahli materi dengan rata-rata 4,76, (2) Bahan ajar matematika menunjukkan bahwa materi yang dibuat memenuhi persyaratan praktis berdasarkan hasil reaksi siswa dan pendidik, berada dalam kategori sangat praktis dari 81% hingga 100%, (3) Dengan 24 siswa yang lulus, bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan, yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara individual, (b) Dengan persentase 88,8%, hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal, (c) kemampuan penguasan komunikasi matematik siswa sebelum menggunakan bahan ajar (pre-test) sebesar 59% kategori rendah, setelah menggunakan bahan ajar (post-test) sebesar 83% meningkat pada kategori tinggi, (d) Analisis N-gain menunjukan peningkatan kemampuan kemampuan komunikasi matematik siswa sebesar 0,61 berada pada kategori sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Bahan Ajar; Kemampuan Komunikasi Matematik; Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:02
Last Modified: 14 Jun 2024 02:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58491

Actions (login required)

View Item
View Item