Tambunan, Mayana Angelita and Manurung, Nurliani (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
![[thumbnail of 85.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
85.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari pada riset ini adalah mendapatkan bahan ajar matematika berbasis masalah yang sah, fungsional dan menarik untuk melatih kemampuan siswa SMA kelas X dalam komunikasi matematik. Alat instrumen yang digunakan adalah lembar validasi bashan ajar matematika, soal tes kemampuan
komunikasi matematik dan lembar validasi untuk alat instrumen soal tes. Penjelasan temuan penelitian, yaitu: (1) Bahan ajar matematika yang dibuat berada dalam kategori sangat valid setelah memenuhi persyaratan kevalidan dari validator ahli media dengan rata-rata 4,6 dan validator ahli materi dengan rata-rata 4,76, (2) Bahan ajar matematika menunjukkan bahwa materi yang dibuat memenuhi persyaratan praktis berdasarkan hasil reaksi siswa dan pendidik, berada dalam kategori sangat praktis dari 81% hingga 100%, (3) Dengan 24 siswa yang lulus, bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan, yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara individual, (b) Dengan persentase 88,8%, hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal, (c) kemampuan penguasan komunikasi matematik siswa sebelum menggunakan bahan ajar (pre-test) sebesar 59% kategori rendah, setelah menggunakan bahan ajar (post-test) sebesar 83% meningkat pada kategori tinggi, (d) Analisis N-gain menunjukan peningkatan kemampuan kemampuan komunikasi matematik siswa sebesar 0,61 berada pada kategori sedang.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar; Kemampuan Komunikasi Matematik; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:02 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58491 |