PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PANGURURAN

Situngkir, Arie O. (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PANGURURAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 83.pdf] Text
83.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian semu eksprimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model PBL lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa. Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan dalam bermatematika yang
mendasar yang harus dikuasai oleh siswa. Melalui komunikasi, terdapat proses penyampaian ide atau gagasan secara lisan ataupun tulisan sehingga menciptakan suatu pemahaman. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pangururan tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X- 4 dan X- 5 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain the nonequivalent pretest-postest control group design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model PBL lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, dengan persentase kelulusan klasikal sebesar 72.22%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; PBL; Vektor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:52
Last Modified: 14 Jun 2024 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58489

Actions (login required)

View Item
View Item