PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SIWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DELI TUA

Siregar, Mia Rizki Idaroyanni and Armanto, Dian (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SIWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DELI TUA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 82.pdf] Text
82.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menggunakan metodologi Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk membantu siswa kelas X Mia 6 berpikir lebih kreatif tentang prinsip trigonometri. Persentase hasil klasikal pada Siklus I sebesar 28,57 persen. Hanya 10 siswa yang mampu menyelesaikan siklus tersebut, dan nilai rata-rata mereka adalah 61,40. Tingkat keberhasilan meningkat signifikan dari siklus I ke siklus II, yakni mencapai 88,57 persen. Hal ini terlihat dari sampel 31 siswa yang menyerahkan tugasnya dan memperoleh nilai rata-rata 79,97. Temuan menunjukkan bahwa siswa dapat memperoleh manfaat dari penggunaan pendekatan pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Siswa SMA Negeri 1 Deli Tua yang menggunakan paradigma pembelajaran SSCS untuk mempelajari trigonometri mengalami beberapa kendala seperti yang terlihat pada penelitian ini. Persyaratan akan
pengetahuan konseptual yang mendalam, keengganan siswa untuk berbagi dan membangun ide satu sama lain, dan dominasi siswa yang tidak takut untuk mengutarakan pendapatnya semuanya
berkontribusi terhadap kesulitan ini. Cara terbaik untuk membantu siswa mengatasi kendala tersebut adalah dengan melaksanakan empat fase pembelajaran (Search, Solve, Create, Share) secara logis dan konsisten.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Model Pembelajaran Search; Solve; Create; Share (SSCS); Kemampuan Berpikir Kreatif; Trigonometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:47
Last Modified: 14 Jun 2024 01:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58488

Actions (login required)

View Item
View Item