BANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Fatma, Ikke and Samosir, Katrina (2023) BANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efektivitas bahan ajar matematika bernuansa Etnomatematka. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah (a) dokumentasi dan bahan ajar pendukung pembelajaran; (b) lembar validasi untuk guru dan siswa; (c) soal pre-test dan post-test; dan (d) lembar jawaban efektivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika yang
dikembangkan dengan nuansa etnomatematika bernilai dan sesuai saran validator . Hal ini terlihat jelas pada hasil evaluasi yang diberikan oleh ahli materi dengan persentase skor 89,60 dan oleh ahli media dengan skor 94,47 dengan kategori “sangat valid”. Bahan ajar yang digunakan juga praktis dengan skor praktik guru sebesar 89,57 dan skor praktik siswa sebesar 84,73 dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan materi pendidikan diukur dari tingkat ketuntasan siswa terhadap metode pembelajaran mencapai 85%, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat sebesar 0,66, dan uji N-Gain menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi kategori perbaikan sedang. Dapat dibuktikan bahwa bahan ajar matematika bernuansa etnomatematika bernilai valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan keterampilan matematis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Fat b
Keywords: Bahan ajar; Etnomatematika; Pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:44
Last Modified: 05 Jul 2024 06:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58484

Actions (login required)

View Item
View Item