PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN

Lumban Batu, Frida Yanti and Nasution, Hamidah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 28 Medan T.A 2022/2023; dan bagaimana peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes
kemampuan penalaran matematis siswa di akhir setiap siklus dan lembar observasi terhadap kegiatan guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 28 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII SMP Negeri 28 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 berada pada kategori sedang atau memperoleh nilai rata-rata
N-Gain 0,54. Secara klasikal, kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan yaitu menjadi sebanyak 26 siswa tuntas (86,67%), serta nilai rata-rata siswa menjadi 82,92.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Lum p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Penalaran matematis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:37
Last Modified: 13 Jun 2024 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58483

Actions (login required)

View Item
View Item