PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS ANTARA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DENGAN YANG BELAJAR MELALUI MODEL KONVENSIONAL DI SMAS SANTA LUSIA SEI ROTAN

Fransiskus J.P.S. and Rajagukguk, Waminton (2023) PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS ANTARA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DENGAN YANG BELAJAR MELALUI MODEL KONVENSIONAL DI SMAS SANTA LUSIA SEI ROTAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilangsungkan guna menyelidiki keunggulan keterampilan berfikir kritis siswa yang belajar melalui model thinking aloud pair problem solving berbantuan software geogebra terhadap siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional di SMAS Santa Lusia Sei Rotan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 terdiri sebanyak 28 siswa dan kelas XI IPA 2 terdiri sebanyak 28 siswa. Model pembelajaran thinking aloud pair problem solving berbantuan software geogebra diajarkan pada kelas XI IPA 1 sedangkan kelas XI IPA 2 diajarkan melalui model pembelajaran konvensional. Penelitian ini berjeniskan quasi-experimental research. Instrumen penelitian ini melaksanakan pretest dan posttest dalam bentuk essay test dan telah diuji validitas tesnya. Hasil pretest menunjukkan data kedua sampel bersumberkan dari populasi siswa yang penyebaran datanya normal dan memiliki varians yang sama (homogens). Pengujian hipotesis berdasarkan data hasil posttest menggunakan uji t, diperoleh �������(2,1238) > ������ (1,6735). Hasil pengujian tersebut menyatakan bahwa �� ditolak dan �� diterima sedemikian kesimpulannya terhadap penelitian ini adalah bahwasanya siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran thinking aloud pair problem solving berbantuan software geogebra lebih unggul keterampilan berpikir kritis matematisnya dibandingkan keterampilan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional di kelas XI SMAS Santa Lusia Sei Rotan T.A 2022/2023.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Fra p
Keywords: Berpikir kritis matematis; Konvensional; Thinking aloud pair problem solving; Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:30
Last Modified: 13 Jun 2024 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58482

Actions (login required)

View Item
View Item