PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII/I SMP NEGERI 2 MEDAN

Fadila and Asmin (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII/I SMP NEGERI 2 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kemampuan dasar yang wajib dipunya siswa dalam mempelajari matematika ialah kemampuan pemecahan masalah (KPM). Berlandaskan hasil observasi awal, menunjukkan bahwa
kemampuan siswa kelas VII/I SMPN 2 Medan pada pemecahan masalah tergolong rendah. Oleh karenanya diperlukan suatu model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk meningkatkan KPM siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa menjadi alternatif ialah model pembelajaran Discovery Learning (DL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan KPM siswa kelas VII/I SMPN 2 Medan dengan mengimplementasikan model pembelajaran Discovery Learning. Metode penelitian yang dipakai ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran DL bisa meningkatkan KPM siswa. Ini ditandai dengan terjadinya peningkatan hasil tes yang diberikan dan ketuntasan klasikal yang didapat siswa dengan rincian sebagai berikut: hasil tes awal secara klasikal didapat 1 siswa (3.12%) tuntas dengan rata-rata sebesar 31.21 dalam kategori sangat rendah. Hasil tes siklus I terjadi kenaikan secara klasikal didapat 12 siswa (37.5%) tuntas dengan rata-rata sebesar 64.58 dalam kategori rendah. Pada tes siklus II juga terjadi kenaikan secara klasikal didapat 29 siswa (90.6%) tuntas dengan rata-rata sebesar 86.35 pada kategori tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Fad p
Keywords: Discovery learning; Pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:11
Last Modified: 13 Jun 2024 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58481

Actions (login required)

View Item
View Item