Sinaga, Ewilda and Amry, Zul (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CABRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 29 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
Fulltext.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan melakukan penelitian ini agar memperoleh peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas dan subjek siswa kelas VII-4 yang berjumlah 30 siswa. Objek Penelitian ini adalah Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri pada materi segienpat di SMP Negeri 29 Medan. Dalam analisis datanya diperoleh rerata nilai tes awal sebesar 45,22 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 (13,33%) siswa dari 30 siswa. Maka dilakukan pembelajaran dengan model STAD berbantuan cabri pada siklus I dan rerata perolehan nilai tentang kemampuan siswa memecahkan permasalahan yang bersifat matematis mengalami peningkatan yang mencapai 66,36 dari hasil tersebut sebanyak 17 siswa tuntas mencapai KKM (56,67%). kemudian pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rerata nilai tesnya 82,66 dan 26 siswa tuntas dengan nilai 86,67. Ketuntasan siswa dalam memecahkan permasalahan matematis di siklus kedua memperoleh kategori yang baik. Jadi kesimpulan yang didapatkan peneliti yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri bisa
membantu meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sin p |
Keywords: | Pemecahan masalah matematika; Cabri; Pembelajaran kooperatif; Student teams achievement division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 07:49 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58480 |