PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Hasibuan, Annisa Wahyuni and Simanjorang, Mangaratua Marianus (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Sifat penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan berjenis kuantitatif. Peneliti mengumpulkan
data dengan teknik pengumpulan melalui penyebaran angket dan mewawancarai narasumber terkait. Adapun populasi penelitian ini, yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan jumlah 8 kelas. Sedangkan peneliti mengambil sampelnya sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas kontrol, memakai model belajar konvensional serta peneliti mengambil sampel dengan teknik Cluster Random Sampling. Angket yang telah disebarkan kepada peserta didik setelah mendapatkan datanya, peneliti menganalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data kelas eksperimen dengan taraf signifikan 0,05 didapat ������� = 6,110 > ������ = 1,672 maka pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Has p
Keywords: Kemandirian belajar; Realistic mathematics education; Proses pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:27
Last Modified: 13 Jun 2024 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58478

Actions (login required)

View Item
View Item