PENGEMBANGANE-LKPDBERBASISDISCOVERY LEARNING BERBANTUANKVISOFT FLIPBOOK MAKERUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA

Sinaga, Rio Marcellino and Marojahan, Panjaitan (2023) PENGEMBANGANE-LKPDBERBASISDISCOVERY LEARNING BERBANTUANKVISOFT FLIPBOOK MAKERUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui validitas E-LKPD berbasis discovery learning;Mengetahui kepraktisan E-LKPD berbasis discovery learning; Mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis discovery learning; Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui E-LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model Dick & Carey, (1996) yaitu model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu:analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini yaitu: Pengembangan E-LKPD ini memenuhi kriteria validitas dengan skor rata-rata 87, E-LKPD berbasis discovery learning masih belum memenuhi kriteria kepraktisan ditinjau dari penggunaan diluar kelas karena membutuhkan device berupa PC atau computer, Efektivitas E-LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan adalah sebagai berikut:ketuntasan belajar klasikal siswa rata-rata 88,89%,, indikator mencapai kriteria keefektifan, respon siswa terhadap E-LKPD positif dengan skor di atas 80% untuk semua aspek, Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa ditunjukkan dengan skor peningkatan nilai rata rata tes sebesar 34,37 dan skorN-gain 0,68 dengan kriteria sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Discovery Learning, E-LKPD, Kvisoft Flipbook Maker, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Jun 2024 13:56
Last Modified: 03 Jul 2024 10:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58473

Actions (login required)

View Item
View Item