PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WEB EDUCANDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN

Wardani, Agusti Eka and Sitompul, Pardomuan (2023) PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WEB EDUCANDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning berbantuan Web Educandy terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini jenis eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP Negeri 35 Medan sebanyak 8 kelas dan sampel 2 kelas dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan angket motivasi belajar matematika siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Sebelum dilaksanakan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas data dan uji homogenitas data. Dari hasil uji prasyarat, didapatkan data berdistribusi normal dan homogen, sehingga dapat dilanjutkan dengan analisis menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh berdasarkan Ujit
didapatkan nilai signifikansi .(2-tailed) yakni 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model Game Based Learning berbantuan web Educandy terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP Negeri 35 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 513.071 2 War p
Keywords: Aritmatika sosial; Educandy; Game based learning; Motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jun 2024 09:40
Last Modified: 12 Jun 2024 09:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58472

Actions (login required)

View Item
View Item