IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA

Sihotang, Wilson and Manurung, Nurliani (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 50.pdf] Text
50.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) di kelas X MIA 1 SMAN 1 Sumbul. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action
research yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Sumbul yang terdiri dari 36 siswa. Objek pada penelitiann ini adalah implementasi model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA kelas X Tahun Ajaran 2023/2024. Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini dilihat berdasarkan nilai rata-rata pada tes awal 52,63 kemudian dilanjutkan pada siklus I ialah 70,69 dan menjadi 85,85 pada siklus II. Sedangkan pada penilaian ketuntasan secara klasikal meningkat dari tes awal 2,78% kemudian pada saat siklus I adalah 47,22% dan menjadi 88,89% pada siklus II, sehingga sesuai dengan hasil analisis data tersebut didapat
bahwa penelitian yang dilaksanakan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, (2) Setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E, kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa sudah tuntas secara klasikal yaitu 88,89%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Learning Cycle 5E; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:42
Last Modified: 12 Jun 2024 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58469

Actions (login required)

View Item
View Item