PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN 1 ACEH TENGGARA

Fauziah, Naila and Lubis, Asrin (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN 1 ACEH TENGGARA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 49.pdf] Text
49.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTSN-1 Aceh Tenggara. Penelitian ini berfokus pada kemampuan 30 siswa kelas VIII-A MTSN-1 Aceh Tenggara. Paradigma pembelajaran berbasis masalah dan strategi pemecahan masalah yang inovatif digunakan. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa dengan menggunakan paradigma pembelajaran berbasis masalah dan metode pemecahan masalah yang kreatif. Studi tersebut dilakukan di kelas selama dua siklus. Setelah setiap siklus, siswa dinilai pemahamannya terhadap prinsip-prinsip matematika. Untuk memahami kemampuan awal siswa dan
tantangannya dalam merespon tes kemampuan awal, peneliti memberikan tes kemampuan kepada siswa sebelum mengarahkannya untuk melakukan tindakan. Dengan nilai rata-rata ujian kemampuan awal sebesar 45,55, hanya 4 dari 30 siswa yang memenuhi target keberhasilan (13,33%) yang menunjukkan
bahwa siswa memiliki pengetahuan konsep matematika yang sangat sedikitSiklus I menunjukkan bahwa siswa memahami matematika dalam kategori "sedang" setelah kegiatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan paradigma pembelajaran berbasis masalah bersama dengan pendekatan pemecahan masalah yang inovatif adalah salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Problem Based Learning; Creative Problem Solving; Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:39
Last Modified: 12 Jun 2024 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58468

Actions (login required)

View Item
View Item