-, Fauziyyah and Armanto, Dian (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
48.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan matematis realistik terhadap kemampuan literasi numerasi matematis siswa dan permasalahan yang tampak berdasarkan perolehan literasi numerasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen
dengan kelompok kontrol pretest - posttest. Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan mengikuti penelitian ini. Sampel penelitian ini berjumlah 30 anak kelas VII - 5 sebagai kelompok kontrol dan 30 siswa kelas VII - 6 sebagai kelompok eksperimen, yang dipilih dengan menggunakan teknik seleksi acak sederhana. Pretest-posttest dan wawancara terkait literasi numerasi matematika digunakan dalam
penelitian ini. Data dianalisis dengan menggunakan uji - t, setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh �HHHH H = 5,38 dan �HHHH = 1,67, maka �H ditolak dan �H diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi numerasi matematis siswa dan siswa kesulitan dalam menerjemahkan soal, pemahaman konsep, kurang teliti dalam melihat informasi yang ada pada soal ini.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan Siswa; Literasi Numerasi Matematis; Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 08:36 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58467 |