PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN

Andika, Christian Javieri and Manurung, Sri Lestari (2023) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 47.pdf] Text
47.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan enggunakan model PBL lebih besar dibandingkan dengan yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD, serta untuk menjelaskan bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan menggunakan kedua model tersebut pada matematika. Karena penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest yang terdiri
dari kelompok dua kelas eksperimen, maka penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh temuan uji N-Gain. Pada kelas eksperimen 1 rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,737 menunjukkan kriteria indeks Gain
masuk dalam kategori tinggi. Begitu pula pada kelas eksperimen 2, nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,611 menunjukkan kriteria indeks Gain masuk dalam kategori sedang. Uji-t digunakan untuk uji hipotesis karena datanya homogen dan terdistribusi secara konsisten, sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Melalui uji-t yang telah dilakukan diperoleh bahwa �hitung > �tabel yaitu 2,467 > 1,994. Oleh karena itu �H ditolak yang berarti bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajar menggunakan model PBL lebih tinggi daripada yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Problem Based Learning; Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division; Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:32
Last Modified: 12 Jun 2024 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58466

Actions (login required)

View Item
View Item