PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Dachi, Vida Gresiana and -, Mukhtar (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 44.pdf] Text
44.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa siswi kelas VIII SMP Methodist 1
Rantauprapat yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tes awal diberikan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum melakukan penelitian atau mengambil tindakan, dan tes lain diberikan pada akhir setiap siklus. Siswa mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah terlihat pada tes awal rata-rata
kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 8,08 pada kategori sangat rendah dengan persentase rata 26,95%. Pada siklus I hasil tes menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 15,73 pada kategori rendah dengan persentase 52,75%. Dari hasil tes siklus II menunjukkan rata-rata
kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 24,86 pada kategori tinggi dengan persentase 82,89%. Hasil tes menujukkan ada peningkatan dari tes yang diberikan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: STAD; geogebra; kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:20
Last Modified: 12 Jun 2024 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58463

Actions (login required)

View Item
View Item