PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Habibi, Syahir Sasri and Dewi, Izwita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 43.pdf] Text
43.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran BBL berbantuan brain gym terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experimental designs berjenis nonequivalent control group designs dan dilaksanakan pada
tanggal 22 Mei s.d. 31 Mei 2023 di SMP Swasta Islam Setia Nurul Azmi. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran BBL berbantuan brain gym
sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang disesuaikan dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai �HHHHH sebesar 2,491 dan nilai �Hitung pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 62 sebesar 1,67. Selanjutnya nilai nilai �Hitung akan dibandingkan dengan �Hitung. Karena �Hitung > �Hitung = 2,491 > 1,67, maka �a
diterima dan �o ditolak sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran brain based learning berbantuan brain gym berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Model Pembelajaran BBL; Brain Gym; Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:16
Last Modified: 12 Jun 2024 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58462

Actions (login required)

View Item
View Item