Aprizal and Napitupulu, E. Elvis (2023) ISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
42.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja factor - faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis anak didik SMA dan mendeskripsikan peranan faktor-faktor tersebut. Penelitian ini dijalankan di SMA Negeri 2 Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang Teknik pengambilan data dijalankan dengan cara penyebaran tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbasis HOTS dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi/konten dengan meneerapkan tahapan tahapan yaitu untizing, sampling, recording, reducing, dan abductively inferring . Hasil dari analisis yang dijalankan pada penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara lain : motivasi belajar, model pemeblajaran yang diterapkan guru, lingkungan belajar, pengetahuan awal, kemampuan siswa dalam menginterpretasi
informasi yang terdapat dalam soal, kepercayaan diri siswa, lama waktu pengerjaan, kemampuan berhitung, dan latihan dalam merampungkan persoalan matematika berbasis HOTS.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Faktor; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 08:11 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58461 |