PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA

Sagala, Oswaldo Raphael and Manurung, Sri Lestari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 41.pdf] Text
41.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI-IPS 4 SMA Negeri 11 Medan dalam memecahkan masalah matematis dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang dibuka open-ended. Subjek yang digunakan penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 4
SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 26 orang. Studi tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan empat tahap masing-masing: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil penelitian, model pembelajaran berbasis masalah terbuka
membantu siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 36,73 untuk siswa kategori rendah pada siklus pertama menjadi 61,65 untuk siswa kategori sedang dan 80,76 untuk siswa kategori tinggi pada siklus kedua, menunjukkan peningkatan tersebut. Kemampuan siswa untuk belajar secara klasikal juga meningkat; Hanya 11 siswa (42,30%) menyelesaikan siklus I,
dan 23 siswa (88,46%) menyelesaikan siklus II. Kelas XI-IPS 4 siswa SMA Negeri 11 Medan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memecahkan masalah matematis jika model pembelajaran berbasis masalah yang dikombinasikan dengan pendekatan open-ended diterapkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Open-Ended; kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:07
Last Modified: 12 Jun 2024 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58460

Actions (login required)

View Item
View Item