Pohan, Agung Wijaya (2016) RANCANG BANGUN WEB E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN KELAS X TITL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103131001 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM 5103131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
3. NIM 5103131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 5103131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM 5103131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 5103131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM 5103131001 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM 5103131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
12. NIM 5103131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM 5103131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini secara umum merupakan penelitiaan yang bertujuan untuk mnghasilkan sebuah produk media pembelajaran dan mengetahui kelayakan pda produk media pembelajaran. Media pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam prose pembelajaran. Peneliti merancang dan membangun media pembelajarana berbasi Web E-Learning menggunakan aplikasi MOODLE dan aplikasi pembantu XAMPP. Media pembelajaran bertujuan untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan menekankan kemandirian siswa.
Media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model desai ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementaion, Evaluation). Penilaian yang dilakukan dalam penelitin dilakukan menggunakan angket yang terdiri dari angket ahli materi, ahli media, dan siswa yang mana penilaian setiap angket mempengaruhi kelayakan media pembelajaran yang dibangun oleh penulis.Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, Jalan galang lubuk pakam. Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Penelitian ini menerapkan kurikulum 2013 dengan bahan ajar dasar dan pengukuran listrik. Media pembelajaran Web E-Learning di validasi oleh Ahli Materi, 2 Ahli Media, dan 27 Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Kelayakan media ditentukan dengan instrumen dan teknik analisis data yang diadaptasi dari Sriadhi (2012).
Hasil penelitian menunjukan bahwa media Web E-Learning sangat bagus digunakan dan menarik kemauan dan kemampuan siswa, sehingga hasil belajar dapat lebih baik. Kelayakan media Web E-Learning berdasarkan penlitian diperoleh hasil perhitungan dari Ahli Materi 4,18 dengan interprestasi “Sangat Baik” dan “ Sangat Layak”, 2 Ahli Media memperoleh perhitungan rata-rata 4,45 “Sangat Baik” dan “ Sangat Layak”, dan penilaian dari 27 siswa memperoleh perhitungan 4,18 “Sangat Baik” dan “ Sangat Layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK_2016 ELK 011 |
Keywords: | E-Learning; Moodle; Xampp |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jun 2016 09:27 |
Last Modified: | 17 Jun 2016 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5846 |