Sari, Yuli Masita and Sinaga, Bornok (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PERGURUAN KEBANGSAAN MELALUI PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
38.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari riset ini yakni (1) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan autograph mampu menaikkan kemampuan pemecahan masalah matematis murid. (2) Mengetahui kenaikan kemampuan pemecahan masalah murid sesudah diaplikasikan model pembelajaran PBL pada topik bangun ruang sisi datar berbantuan autograph. Penelitian tindakan kelas ialah jenis riset ini. Siswa kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan pada semester genap T.A. 2022/2023 yang berjumlah 26 orang ialah subjek riset ini. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan mengaplikasikan model pembelajaran PBL berbantuan autograph pada materi bangun ruang sisi datar termasuk objek penelitian. Instrument riset dalam mengumpulkan informasi ialah tes. Sebelum perlakuan direalisasikan, awalnya dibagikan tes kemampuan awal guna mendapatkan keterampilan awal pemecahan permasalahan matematika murid. Pada uji awal didapatkan 6 orang (23,07%) siswa yang berhasil dalam menjawab tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pada tes siklus I, 13 orang (50%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Pada tes siklus II, 23 orang (88,46%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian, di kelas VIII kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika telah meningkat ketika mereka menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan autograph.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning; Autograph; Kemampuan Pemecahan Masalah; Bangun Ruang Sisi Datar; SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:53 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58455 |