Damanik, Feby Greciana and Sinaga, Bornok (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
37.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi upaya yang dilakukan guna menaikkan kemampuan berpikir kreatif murid, (2) mengidentifikasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan pembelajaran RME pada pokok bahasan balok dan kubus. Riset ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek riset ini adalah murid kelas VIII SMP Negeri 17 Medan pada semester genap T.A. 2022/2023 sebanyak 26 orang. Objek riset ini ialah kemampuan berpikir kreatif murid dengan menerapkan model pembelajaran RME pada materi balok dan kubus. Instrument penelitian dalam pengumpulan data berupa tes. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal berpikir kreatif matematika. Dari hasil tes awal diperoleh 3
orang (11,53%) siswa yang berhasil dalam menyelesaikan tes awal kemampuan berpikir kreatif. Pada tes siklus I, 13 orang (50%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif. Pada tes siklus II, 25 orang (96,15%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif. Maka disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika murid dengan mengaplikasikan model pembelajaran RME mengalami kenaikan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Keywords: | Realistic Mathematics Education; Kemampuan Berpikir Kreatif; SMP; Balok; Kubus |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:47 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58453 |