IMPLEMENTASI VIDEO EXPLAINER SEBAGAI STRATEGI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Bahri, Nurul and Frisnoiry, Suci (2023) IMPLEMENTASI VIDEO EXPLAINER SEBAGAI STRATEGI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 36.pdf] Text
36.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi Video Explainer ditinjau dari segi Kemampuan Pemecahan Masalah siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 yang berjumlah 28 orang. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa
pada tes awal menunjukkan 5 siswa (17,85%) mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata tes kemampuan 54,82 dengan kategori kemampuan pemecahan masalah sangat rendah. Pada siklus I, terjadi peningkatan secara klasikal ditunjukkan dengan diperolehnya 13 siswa (46,42%) tuntas dengan nilai rata-rata 66,78 dengan kategori rendah. Implentasi dilanjutkan pada siklus II, hasil tes siswa mengalami peningkatan secara klasikal, diperoleh 25 siswa (89,28%) tuntas dengan nilai rata-rata 80,23 dengan kategori tinggi. Dari hasil tes yang diberikan, terjadi peningkatan mulai tes awal hingga siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan video explainer dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Video Explainer; Pemecahan Masalah Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:41
Last Modified: 12 Jun 2024 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58452

Actions (login required)

View Item
View Item