PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 SIMALUNGUN

Humairah, Lifia and Nasution, Hamidah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 SIMALUNGUN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 33.pdf] Text
33.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun, dan (2) memaparkan proses respons siswa dalam mengatasi persoalan terkait kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Instrumen penelitian ini ialah tes keterampilan pemahaman konsep matematis (pretest dan posttest). Setelah instrumen divalidasi oleh validator, diteruskan oleh uji T. Hasil penelitian menerangkan sebagai berikut: (1) Setelah dijalankan pengujian data dan diperoleh hasil dengan memakai taraf α = 0,05, dimana nilai relevan yang diperoleh senilai 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, berlandaskan kriteria pengujian maka maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti model kooperatif tipe Pair Check
memegang pengaruh positif yang relevan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun. (2) Proses respon siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun yang belajar dengan gaya belajar kooperatif tipe Pair Check lebih baik dipertimbangkan oleh proses respon siswa yang belajar oleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kooperatif tipe Pair Check; Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:28
Last Modified: 12 Jun 2024 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58448

Actions (login required)

View Item
View Item