Sihombing, Mastiur Santi and Gultom, Syawal (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
32.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika dalam rangka meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP
Negeri 33 Medan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket keaktifan belajar siswa, tes hasil belajar siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, dapat terlihat pada siklus I siswa yang aktif dalam belajar sebesar 53,34% dan siswa yang tuntas dalam belajar sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II siswa yang aktif sebesar 83,33% dan siswa yang tuntas dalam belajar sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dan hasil belajar siswa mempunyai hubungan berbanding lurus yaitu semakin meningkat keaktifan siswa, maka semakin meningkat pula hasil belajar siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Keaktifan Belajar Siswa; Model Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 06:57 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58447 |