Faudhani, Yana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite pada Pembelajaran Tematik di Kelas III SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311063_Cover.pdf
Download (51kB)
1193311063_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (419kB)
1193311063_Abstrak.pdf
Download (168kB)
1193311063_Kata_Pengantar.pdf
Download (211kB)
1193311063_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
1193311063_Daftar_Tabel.pdf
Download (104kB)
1193311063_Daftar_Gambar.pdf
Download (72kB)
1193311063_Daftar_Lampiran.pdf
Download (75kB)
1193311063_BAB_I.pdf
Download (461kB)
1193311063_BAB_V.pdf
Download (192kB)
1193311063_Daftar_Pustaka.pdf
Download (196kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran tematik di kelas III SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur T.A 2022/2023. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum pernah adanya media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang dikembangkan sehingga berdampak terhadap minat belajar siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan tes. Instrument penelitian yang digunakan yaitu: pedoman wawancara, angket validasi ahli desain materi, ahli desain media, ahli praktisi pendidikan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data Kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, desain media, dan guru. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain media, guru dan siswa. Hasil penilaian kevalidan oleh validator ahli materi sebesar 88,5% dengan kriteria “Sangat Valid”, dan penilaian oleh validator ahli desain media sebesar 85,7% dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi kelas III-A sebesar 87,1% dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan penilaian respon siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur memperoleh skor 93% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh siswa terjadi peningkatan dapat dilihat dari hasil Pre-Test dan Post-Test. Hasil pre-test sebesar 53%, dan hasil post-test sebesar 89,4%. Berdasarkan hasil uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Ispring Suite. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 16:07 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 16:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58431 |