Simbolon, Lola F (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 6 Sub Tema 1 Kelas III SDN 067093 Medan Helvetia T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311040_Cover.pdf
Download (239kB)
1193311040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (540kB)
1193311040_Abstrak.pdf
Download (319kB)
1193311040_Kata_Pengantar.pdf
Download (495kB)
1193311040_Daftar_Isi.pdf
Download (345kB)
1193311040_Daftar_Gambar.pdf
Download (221kB)
1193311040_Daftar_Tabel.pdf
Download (279kB)
1193311040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
1193311040_BAB_I.pdf
Download (471kB)
1193311040_BAB_V.pdf
Download (335kB)
1193311040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (298kB)
Abstract
Penelitian ini ditalar belakangi berdasarkan masalah yaitu, penggunaan media pembelajaran kurang efektif, masih berupa buku paket yang monoton sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pengembangan Media Pembelajaran buku saku merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas dari Media Pembelajaran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 067093. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model ADDIE dengan 5 tahap proses yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik penggumpulan data yaitu observasi, angket dan test. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Pembelajaran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 6 Subtema 1 Kelas III SDN 067093 Helvetia. Hasil analisis menandakan bahwa Media Produk ini telah divalidasi oleh ahli desain dan materi media buku saku menggunakan model problem based learning memperoleh hasil persentase 93,3% dan 94,6% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase dengan kategori sangat praktis sebesar 94,6% dan keefektifan mendapatkan beberapa ketuntasan hasil tes meningkat sehingga media efektif untuk diterapkan di sekolah dengan kualifikasi sangat praktis . Dengan demikian, Media Pembelajran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 6 Subtema 1 yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Buku Saku; Problem Based Learning; Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 04:39 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58326 |