Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 6 Sub Tema 1 Kelas III SDN 067093 Medan Helvetia T.A 2023/2024

Simbolon, Lola F (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 6 Sub Tema 1 Kelas III SDN 067093 Medan Helvetia T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311040_Cover.pdf] Text
1193311040_Cover.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1193311040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 1193311040_Abstrak.pdf] Text
1193311040_Abstrak.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1193311040_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311040_Kata_Pengantar.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 1193311040_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311040_Daftar_Isi.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 1193311040_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311040_Daftar_Gambar.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1193311040_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311040_Daftar_Tabel.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1193311040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1193311040_BAB_I.pdf] Text
1193311040_BAB_I.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 1193311040_BAB_V.pdf] Text
1193311040_BAB_V.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 1193311040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini ditalar belakangi berdasarkan masalah yaitu, penggunaan media pembelajaran kurang efektif, masih berupa buku paket yang monoton sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pengembangan Media Pembelajaran buku saku merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas dari Media Pembelajaran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 067093. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model ADDIE dengan 5 tahap proses yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik penggumpulan data yaitu observasi, angket dan test. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Pembelajaran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 6 Subtema 1 Kelas III SDN 067093 Helvetia. Hasil analisis menandakan bahwa Media Produk ini telah divalidasi oleh ahli desain dan materi media buku saku menggunakan model problem based learning memperoleh hasil persentase 93,3% dan 94,6% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase dengan kategori sangat praktis sebesar 94,6% dan keefektifan mendapatkan beberapa ketuntasan hasil tes meningkat sehingga media efektif untuk diterapkan di sekolah dengan kualifikasi sangat praktis . Dengan demikian, Media Pembelajran Buku Saku Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 6 Subtema 1 yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Buku Saku; Problem Based Learning; Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:39
Last Modified: 06 Jun 2024 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58326

Actions (login required)

View Item
View Item