Pengembangan Media Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Padang Bolak

Harahap, Lelyna (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196122001_Cover.pdf] Text
8196122001_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8196122001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196122001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 8196122001_Abstrak.pdf] Text
8196122001_Abstrak.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 8196122001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196122001_Kata_Pengantar.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 8196122001_Daftar_Isi.pdf] Text
8196122001_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 8196122001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196122001_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 8196122001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196122001_Daftar_Gambar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8196122001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196122001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8196122001_BAB_I.pdf] Text
8196122001_BAB_I.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of 8196122001_BAB_V.pdf] Text
8196122001_BAB_V.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 8196122001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196122001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (590kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media interaktif berbasis model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi canva yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan dari Borg and Gall dan langkah desain instruksional dari Dick and Carey yang terbagi menjadi 4 tahap meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket kebutuhan awal, angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli desain serta angket tanggapan siswa. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif (data penilaian angket kelayakan dan efektifitas produk) dan data kualitatif (data observasi dan dokumentasi). Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 84,70% untuk validasi ahli materi, 80% untuk validasi ahli media, 93,75% untuk validasi ahli desain dan 98,56% untuk hasil tanggapan siswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitung yaitu 2,90 dan nilai t tabel yaitu 1,66, dimana t hitung > t tabel. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi canva ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Bolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Har p
Keywords: Media Interaktif, Canva, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:49
Last Modified: 04 Jun 2024 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58294

Actions (login required)

View Item
View Item