Harahap, Lelyna (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Masters thesis, UNIMED.
8196122001_Cover.pdf
Download (66kB)
8196122001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (638kB)
8196122001_Abstrak.pdf
Download (243kB)
8196122001_Kata_Pengantar.pdf
Download (384kB)
8196122001_Daftar_Isi.pdf
Download (245kB)
8196122001_Daftar_Tabel.pdf
Download (215kB)
8196122001_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
8196122001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (213kB)
8196122001_BAB_I.pdf
Download (753kB)
8196122001_BAB_V.pdf
Download (410kB)
8196122001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (590kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media interaktif berbasis model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi canva yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan dari Borg and Gall dan langkah desain instruksional dari Dick and Carey yang terbagi menjadi 4 tahap meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket kebutuhan awal, angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli desain serta angket tanggapan siswa. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif (data penilaian angket kelayakan dan efektifitas produk) dan data kualitatif (data observasi dan dokumentasi). Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 84,70% untuk validasi ahli materi, 80% untuk validasi ahli media, 93,75% untuk validasi ahli desain dan 98,56% untuk hasil tanggapan siswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitung yaitu 2,90 dan nilai t tabel yaitu 1,66, dimana t hitung > t tabel. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi canva ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Bolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Har p |
Keywords: | Media Interaktif, Canva, Pembelajaran Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:49 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58294 |