Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Liveworksheets Tema 8 Kelas V SDN 060834 Medan

Amalia, Danty Puspita (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Liveworksheets Tema 8 Kelas V SDN 060834 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111023_Cover.pdf] Text
1193111023_Cover.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1193111023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1193111023_Abstrak.pdf] Text
1193111023_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 1193111023_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111023_Kata_Pengantar.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 1193111023_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111023_Daftar_Isi.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 1193111023_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111023_Daftar_Gambar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1193111023_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111023_Daftar_Tabel.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1193111023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1193111023_BAB_I.pdf] Text
1193111023_BAB_I.pdf

Download (840kB)
[thumbnail of 1193111023_BAB_V.pdf] Text
1193111023_BAB_V.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan LKPD yang sangat sederhana dan kurang menarik untuk digunakan peserta didik, selain itu LKPD yang digunakan tidak bisa mengajak peserta didik untuk memecahkan suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan menggunakan Liveworksheets. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 orang peserta didik kelas VB SD Negeri 060834 Kec. Medan Petisah. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Uji Kelayakan mendapatkan ketegori "Sangat Layak" dengan rincian penilaian dari ahli materi sebesar 87% dan penilaian dari ahli media sebesar 84%. (2) Uji Kepraktisan mendapatkan kategori "Sangat Praktis" dengan rincian penilaian dari praktisi pendidikan sebesar 93% dan penilaian dari respon peserta didik setelah menggunakan LKPD sebesar 94%. (3) Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil belajar yang mengalami peningkatan dari rata-rata 55,08 saat pre test menjadi rata-rata 82,15 saat post test, dengan hasil persentase N-Gain sebesar 61% dengan kategori "Cukup Layak". Kesimpulan dari penelitian ini Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning menggunakan Liveworksheets tema 8 Kelas V SDN 060834 Medan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD; Problem Based Learning; Liveworksheets
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 31 May 2024 08:36
Last Modified: 31 May 2024 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58266

Actions (login required)

View Item
View Item