Pengembangan Bahan Ajar Teks Persuasi dalam Berbagai Iklan dari Media Sosial Untuk Siswa Kelas VIII MTS Yayasan Perguruan Nurul Iman Tanjung Morawa

Ginting, Eva Susanti (2023) Pengembangan Bahan Ajar Teks Persuasi dalam Berbagai Iklan dari Media Sosial Untuk Siswa Kelas VIII MTS Yayasan Perguruan Nurul Iman Tanjung Morawa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196192013_Cover.pdf] Text
8196192013_Cover.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8196192013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196192013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 8196192013_Abstrak.pdf] Text
8196192013_Abstrak.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 8196192013_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196192013_Kata_Pengantar.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of 8196192013_Daftar_Isi.pdf] Text
8196192013_Daftar_Isi.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 8196192013_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196192013_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 8196192013_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196192013_Daftar_Gambar.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8196192013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196192013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8196192013_BAB_I.pdf] Text
8196192013_BAB_I.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 8196192013_BAB_V.pdf] Text
8196192013_BAB_V.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 8196192013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196192013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks persuasi yang dikaitkan dalam berbagai iklan dari media sosial.Penelitian ini menghasilkan produk berbentuk bahan ajar teks persuasi dalam berbagai iklan dari media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R &D) Hasil dari penelitian ini yaitu pengemb v Tahap pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil Penelitian dan pengembangan bahan ajar teks persuasi dalam berbagai iklan dari media sosial efektif digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Hasil validasi modul teks persuasi dalam berbagai iklan dari media sosial yang dikembangkan untuk materi teks persuasi kelas VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa merupakan hasil validasi tim desain pembelajaran terhadap produk desain pembelajaran yang dirancang sudah baik dengan hasil skor rata-rata sebesar 75,62%. 3)3 Kelayakan materi mendapat skor rata-rata 85,00% yang menginformasikan bahwa materi ajar modul teks persuasi dalam berbagai iklan dari media sosial efektif digunakan. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bahan ajar yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, dan bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul adalah 60,88% dan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul teks persuasi dari berbagai iklan di media sosial adalah mendapatkan respon baik oleh siswa dengan hasil rata-rata 80,90% dengan kriteria “sangat baik”. perihal ini menunjukkan bahwa modul teks persuasi dalam berbagai iklan dari media sosial yang dirancang sangat efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 401.41 Gin p
Keywords: Bahan ajar,Teks persuasi, Iklan media sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 14:55
Last Modified: 30 May 2024 22:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58249

Actions (login required)

View Item
View Item